Jumat 20 Sep 2013 11:33 WIB

Corona Virus Kembali Makan Korban

Rep: Rosita Budi Suryaningsih./ Red: Citra Listya Rini
Gambar coronavirus dalam ukuran mikroskopis
Foto: Reuters
Gambar coronavirus dalam ukuran mikroskopis

REPUBLIKA.CO.ID, Jamaah haji di tahun ini beberapa dikhawatirkan dengan adanya virus baru yang bernama Corona virus. Hingga kini, virus yang bernama Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus, atau yang biasa disingkat MERS-Cov, masih banyak menyerang dan memakan korban.

Beberapa waktu terakhir ini, ada tiga kasus baru yang ditemukan. Dilansir dari Arabnews, diketahui terdapat dua orang yang terserang virus ini, hingga akhirnya meninggal.

Tiga orang yang terserang virus Corona baru-baru ini, adalah seorang perempuan berusia 75 tahun di Madinah dan seorang laki-laki berusia 83 yang terserang virus ini di Riyadh. Dua orang ini meninggal.

Kasus terakhir, virus ini menyerang seorang laki-laki berusia 35 tahun di Madinah. Kini, laki-laki ini sedang dalam dalam pengobatan di ICU.

Hingga kini, ada 107 kasus yang ditemukan karena terserang virus Corona ini di sleuruh Arab Saudi. Dari jumlah tersebut, 49 diantaranya meninggal.

Sedangkan di seluruh dunia, virus Corona telah menyerang 114 penduduk. Virus mematikan ini telah memakan korban meninggal hingga 54 orang.

Agar tak menganggu jalannya pelaksanaan ibadah haji, pemerintah Arab Saudi bekerja maksimal untuk mengatasinya. Selain virus Corona, demam berdarah juga menjadi perhatian khusus oleh Dinas Kesehatan setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Jeddah, Sami Ba-Dawood mengatakan penyakit demam berdarah telah sepenuhnya diatasi. “Jumlah kasus telah menurun secara signifikan,” ujarnya.  

Jumlah kasus yang tahun lalu mencapai 100 kasus, kini hanya tinggal lima kasus. Sama dengan penangannan pada virus Corona, menurutnya tindakan preventif dan kuratif sangat diperlukan agar tidak tertular beberapa penyakit. 

Untuk pencegahan virus Corona, memakai masker dan menjaga stamina tubuh agar tetap fit perlu dilakukan oleh jamaah haji dan penduduk Arab Saudi lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement