Sabtu 22 Aug 2015 07:27 WIB

Komandan ISIS Tewas

ISIS
Foto: VOA
ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Komandan kedua Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) terbunuh dalam serangan udara AS di Irak. Gedung Putih mengatakan, Jumat (21/8), kematian Fadhil Ahmad al-Hayali memberi pukulan telak bagi pemberontak.

"Fadhil Ahmad al-Hayali yang juga dikenal dengan Hajji Mutazz terbunuh dalam serangan udara militer pada 18 Agustus saat berkendara di dekat Mosul, bersama operator media ISIS Abu Abdullah," ujar juru bicara Gedung Putih Ned Price.

Menurut Price, Mutazz memegang peranan penting dalam menggkoordinasikan pergerakan senjata, bahan peledak, transportasi, maupun orang-orang dari Irak dan Suriah.

Dia juga bertanggung jawab dalam operasi di Irak dan membantu dalam perencanaan serangan ke Mosul pada Juni tahun lalu. Mutazz merupakan seorang letnan kolonel saat kepemimpinan rezim Saddam Hussein. Dia sebelumnya pernah ditahan pasukan AS di Camp Bucca.

Koalisi anti-ISIS pimpinan AS rutin melancarkan serangan ke pemberontak. Serangan diyakini bakal semakin gencar setelah Turki memberi izin ke Paman Sam untuk menggunakan pangkalan militernya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement