Jumat 25 Jun 2010 06:13 WIB

Pergantian PM Australia, Indonesia Komitmen Lanjutkan Persahabatan

Rep: Yasmina Hasni/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan, akan terus melanjutkan komitmen persahabatan Indonesia dan Australia, dengan pemerintahan Australia yang baru di bawah pimpinan Perdana Menteri Julia Gilard. Karenanya, di sela KTT ke-4 G20, di Toronto, Kanada, jadwal pertemuan SBY dengan pihak Australia akan tetap berlangsung.

''Tapi kali ini akan diwakili deputi PM Australia,'' ujar Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal di Bandara Halimperdanakusumah, Kamis (24/6).

Semula dua kepala pemerintahan itu, Presiden SBY dan mantan PM Australia, Kevin Rudd, dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan bilateral. Presiden, menurut Dino, akan tetap melakukan pertemuan bilateral tersebut. Apalagi, kata dia, masih banyak agenda bilateral dan internasional yang perlu dilanjutkan, dengan kerjasama erat antara Indonesia dan Australia.

Namun, karena penggantian PM Australia baru berlangsung, belum ada konfirmasi apakah Julia Gillard akan hadir dalam KTT G20 pada 26-27 Juni esok. Maka dengan sendirinya jadwal pertemuan bilateral juga belum dapat dipastikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement