Jumat 25 Jun 2010 20:09 WIB

Jelang KTT G-20, Polisi Amankan Pria "Mencurigakan"

Barang-barang milik pria yang ditahan
Foto: AP
Barang-barang milik pria yang ditahan

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO-- Polisi Kanada menerapkan kewaspadaan yang tinggi sebelum pertemuan internasional dua hari pada pekan ini di Toronto. Seorang pria ditangkap dekat lokasi pertemuan KTT G-20 dan G-8 pada hari Kamis karena dalam mobilnya mengangkut gergaji, panah otomatis, dan kontainer bahan bakar.

Pria 53 tahun itu ditangkap hanya satu blok dari balik pagar baja yang telah didirikan untuk melindungi para pemimpin Kelompok G-20 dari negara maju dan negara berkembang yang bertemu pada hari Sabtu dan Minggu di kota Kanada yang paling padat penduduknya itu.

Sedan perak usang memiliki peti diikatkan besar pada atapnya. Selain barang-barang "yang pantas dicurigai" itu, di dalam mobil juga ditemukan seekor anjing milik pria yang tak disebutkan identitasnya itu.

"Tak ada penjelasan yang masuk akal untuk senjata yang dimiliki pria itu," ujar kepala kepolisian Toronto, Hugh Smith kepada televisi lokal.

Itu adalah penangkapan ketiga yang berhubungan dengan keamanan dalam beberapa hari terakhir menjelang Pertemuan G-20 dan KTT G-8. Kanada menghabiskan 1 miliar dolar Kanada untuk memastikan keamanan kota ini. Mereka menyebarkan ribuan polisi dari seluruh negeri untuk melindungi tempat-tempat pertemuan dan mengelilinginya dengan pagar baja setinggi 3 meter.

Awal pekan ini, polisi menahan seorang pria dan istrinya di lingkungan kelas atas di Toronto utara setelah pada keduanya kedapatan membawa bahan peledak dan senjata api.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement