Rabu 30 Jun 2010 18:01 WIB

25 Polisi India Tewas dalam Penyergapan Kelompok Maois

REPUBLIKA.CO.ID,RAIPUR, INDIA--Gerilyawan Maois menewaskan setidaknya 15 petugas polisi dan melukai lima lainnnya dalam sebuah penyergapan di negara bagian tengah India, Chhattisgarh, Selasa, menurut seorang perwira polisi senior kepada AFP. Kelompok polisi yang menjadi sasaran itu sedang dalam perjalan pulang dari acara peresmian jalan ketika diserang oleh sejumlah gerilyawan bersenjata berat, menurut pimpinan operasi anti Maois di negara bagian itu, Ram Niwas, melalui telepon.

Sumber dari polisi lokal lain mengatakan bahwa kelompok Maois, yang menewaskan 76 polisi di Chhattisgarh pada April lalu, boleh jadi berjumlah 100 orang. Para petugas tersebut dikepung dalam penyergapan itu, yang terjadi di Dhodai, sekitar 300 kilometer selatan ibu kota Chhattisgarh, Raipur, dan mereka membalas aksi itu sehingga terjadi bakutembak selama tiga jam, kata polisi.

Sejumlah korban luka dievakuasi dengan menggunakan helikopter, dan bala bantuan dikirim ke kawasan itu.

Pemerintah meluncurkan suatu operasi pemberantasan Maois besar-besaran tahun lalu untuk mengatasi memburuknya aksi sayap kiri itu, namun sejak saat itu Maois menyerang balik dengan serangkaian aksi berdarah.

Kelompok Maois telah memerangi pemerintah resmi selama beberapa dekade di seluruh penjuru timur India. Kelompok itu memperoleh dukungan dari kelompok suku-suku yang tidak memiliki tanah dan para petani yang dipinggirkan seiring kemajuan ekonomi negara itu.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement