Sabtu 25 Sep 2010 03:07 WIB

Jepang Akhirnya Bebaskan Kapten Kapal Cina

Warga Cina melakukan demonstrasi memprotes penahanan nelayan oleh Jepang
Foto: AFP via The Straits Times
Warga Cina melakukan demonstrasi memprotes penahanan nelayan oleh Jepang

REPUBLIKA.CO.ID TOKYO--Setelah menyebabkan ketegangan diplomatik selama dua pekan,  Jepang akhirnya membebaskan kapten kapal nelayan Cina  yang bulan ini bertabrakan dengan dua kapal penjaga pantai Jepang di perairan yang disengketakan. Menurut berita NHK, kapten kapal bernama Zhan Qixiong ini dituduh dengan sengaja menghalangi kapal patroli Jepang  di dekat pulau di Laut Cina Timur yang diklaim oleh kedua negara.

Sebelumnya, Cina menyerukan Jepang untuk membebaskannya, atau hubungan diplomatik bakal koyak. Perdana Menteri Cina, Wen Jiabao, bahkan menolah untuk bertemu perdana menteri Jepang Naoto Kan dalam sidang Majelis Umum PBB.

Jaksa di pulau Ishigaki di Jepang selatan, di mana kapten telah ditahan selama lebih dari dua minggu, mengatakan mereka akan membebaskan dia walaupun tidak jelas bagaimana kasus ini terjadi. Kapten ditangkap pada 8 September setelah pukat ikannya bertabrakan dengan kapal penjaga pantai Jepang dekat  kepulauan di Timur Laut Cina yang disebut Diaoyu atau Diaoyutai oleh Cina dan Senkaku oleh  Jepang.

Kepulauan ini dikendalikan oleh Jepang, tetapi juga diklaim oleh Cina. Mereka dikelilingi oleh taman kaya ikan dan secara teratur ditempati oleh nasionalis dari kedua belah pihak.

sumber : AP/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement