Jumat 15 Oct 2010 17:20 WIB

Presiden Somalia Tunjuk Satu Nama untuk Perdana Menteri

Rep: c42/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,Presiden Somalia, Sheikh Sharif, mengajukan Mohamed Abdullahi Mohamed  sebagai perdana menteri, Kamis (14/10).  "Saya mencalonkan Mohamed Abdullahi Mohamed menjadi perdana menteri somalia," kata Ahmed di kantor kepresidenan.

Mohamed Abdullahi Mohamed akan menggantikan Omar Abdirashid Sharmake yang mengundurkan diri bulan lalu. Omar mundur akibat kegagalannya menangani pemberontak yang telah membunuh puluhan ribu warga sejak 2007.

Pemerintah federal Somalia dikenal korup, lemah dan tidak efektif. sejak 1991, Somalia tidak memiliki pemerintahan yang berrfungsi dengan baik. Sebelum diangkat menjadi perdana menteri, pencalonan Abdullahi terlebih dahulu mendapat persetujuan dari parlemen.

Abdullahi mengatakan, keamanan merupakan target pertama pemerintahannya jika terpilih. "Kita harus menghadapi pemberontak yang berada di belakang pertumpahan darah sia-sia," katanya. Untuk mengatasi pemberontak, lanjut Abdullahi, ada dua opsi yang bisa ditempuh, perang atau rekonsiliasi.

Pejabat PBB, Mark Bowden, memperkirakan kabinet yang nanti dibentuk Abdullahi akan lebih kecil dibanding kabinet Sharmarke. Sebelumnya Abdullahi memiliki pengalaman bekerja di organisasi hak asasi manusia dan kedutaan Somalia di Amerika.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement