Sabtu 06 Nov 2010 07:24 WIB

Anak Suu Kyi Tiba di Bangkok

Suu Kyi
Foto: AP
Suu Kyi

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON--Putra bungsu pemimpin demokrasi Aung San Suu Kyi berada di Bangkok, Jumat sementara ibunya menunggu kemungkinan pembebasannya setelah pemilu pertama Myanmar yang diperintah militer itu, kata pengacaranya.

Kim Aris, 33 tahun tinggal di Inggris dan tidak pernah mengunjungi ibunya selama sekitar sepuluh tahun. Ibunya yang berusia 65 tahun dikenakan sebagian besar tahana rumah dari 20 tahun ia ditahan. Masa tahanan rumahnya akan berakhir 13 November.

"Saya hanya tahu Kim telah tiba di Bangkok, tetapi saya tidak tahu apakah ia akan menunggu pembebasan ibunya," kata pengacara Suu Kyi, Nyan Win.

Ia mengatakan ia tidak tahu apakah Aris mengajukan permohonan atau sudah menerima visa untuk memasuki Myanmar, yang sedang bersiap-siap untuk menyelenggarakan pemilu pertamanya dalam dua dasa warsa Ahad. Junta menjamin bahwa Suu Kyi akan tetap berada dalam tahanan rumah selama pemilu itu dan pembebasannya akan dilakukan beberapa hari kemudian.

 

Pada tahun 1990, partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang dipimpin Suu Kyi meraih kemenangan besar dalam pemilu, tetapi para jendral tidak pernah mengizinkan partai itu memerintah. NLD memboikot pemilu Ahad nanti dengan menyatakan undang-undang pemilu itu tidak adil yang hanya bertujun untuk mencegah Suu Kyi ikut bertarung, dan kelompok oposisi terbagi dua apakah ikut atau tidak dalam pemilu itu.

Suu Kyi mengatakan ia menolak memberikan suara dan menyarankan para pendukungnya melakukan hal yang sama, walaupun tidak menyerukan pemboikotan, yang junta anggap sebagai satu pelanggaran yang bisa dihukum.

Jika Suu Kyi dibebaskan, banyak pihak yang memperkirakan bahwa para jendral akan melarang dia melakukan kegiatan politik. Suaminya, warga Inggris Michael Aris meninggal tahun 1999 dan pada tahap-tahap akhir perjuangannya melawan kanker junta menolak memberikan dia visa untuk menemui istrinya.

Seorang pengamat yang tinggal di Thailand yang menolak namanya disebutkan mengatakan ada rencana Suu Kyi untuk menemui putra-putranya apabila ia dibebaskan, tetapi ia memperkirakan Kim harus mengajukan permohonan visanya di London sebelum datang ke Thailand.

sumber : Ant

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement