Selasa 14 Dec 2010 20:07 WIB

Pembom Stockholm Kirim Email Lebih Dulu

Ledakan bom mobil di Stockholm, Swedia
Foto: BBC
Ledakan bom mobil di Stockholm, Swedia

REPUBLIKA.CO.ID,STOCKHOLM--Taymour Abdulwahab, pelaku serangan gagal di Stockholm hampir bisa dipastikan adalah pengirim email yang berisi ancaman ke Kantor Berita Swedia TT. Demikian disampaikan polisi Swedia Senin (13/12).

Sabtu (11/12), Kantor Berita TT mendapat email yang berisi rekaman suara. 'Semua Mujahidindi Eropa dan terutama di Swedia. Sekarang adalah waktunya untuk melakukan perlawanan', demikian isi rekaman tersebut. Seruan ini merujuk pada penempatan militer Swedia di Afganistan dan Kartunis Swedia Lars Vilks yang pada 2007 lalu membuat kartun tentang Nabi Muhammad.

Email yang sama juga masuk ke biro keamanan dalam negeri Säpo. Polisi menyatakan '98 persen yakin' bahwa pelaku berasal dari Irak dan pindah ke Swedia pada 1992. Bom diduga meledak lebih awal.

Pelaku diduga menargetkan wilayah yang ramai dipadati pengunjung. Polisi masih menyelidiki keterlibatan pelaku lain dalam serangan ini. Persiapan pelaku sangat rapi sehingga diragukan bahwa ia menjalankan aksinya seorang diri.

sumber : RNW/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement