Sabtu 12 Feb 2011 01:33 WIB

Mubarak, Kembalikan Uang Rakyat Mesir

Mohamed ElBaradei berbicara kepada para demonstran di Tahrir Square, Kairo, Ahad (30/1) malam
Foto: AP
Mohamed ElBaradei berbicara kepada para demonstran di Tahrir Square, Kairo, Ahad (30/1) malam

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO--Tokoh oposisi Mesir, Mohamed ElBaradei, meminta mantan presiden Mesir Hosni Mubarak untuk mengembalikan seluruh uang rakyat Mesir yang pernah ia korupsi.

ElBaradei mengatakan, pengembalian uang rakyat Mesir adalah jalan keluar yang terbaik. Ia menolak usulan agar Mubarak diseret ke pengadilan karena 'kejahatan-kejahatan' selama berkuasa.

 

"Kita jangan memikirkan soal pembalasan saat ini. Biarkan Mubarak pergi dengan harga dirinya. Rakyat Mesir harus melihat ke depan," kata ElBaradei dalam wawancara di CNN, Jumat.

Namun ia menekankan, Mubarak dan anggota pemerintahannya harus mengembalikan uang rakyat. "Uang itu mereka ambil dari rakyat Mesir. Harus dikembalikan! Kami tidak butuh pengadilan, kami butuh uang itu untuk pembangunan," katanya lagi.

Mantan kepala Badan Atom Internasional ini juga berharap pada militer Mesir untuk tidak memanfaatkan situasi. Menurut dia, militer Mesir harus bisa membaca keadaan, bahwa saat ini rakyat Mesir lah yang berkuasa. Militer harus bisa menjamin terlaksananya pemilu yang adil dan transparan.

Mubarak dipercaya oleh para analis Timur Tengah sudah menimbun hartanya selama 30 tahun berkuasa. Diperkirakan harta itu mencapai 70 juta dolar AS yang terdiri atas berbagai bentuk aset.

sumber : CNN
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement