Ahad 13 Feb 2011 16:55 WIB

Soal Reformasi, Indonesia Tawarkan Bantuan ke Mesir

Rep: Fitria Andayani/ Red: Stevy Maradona
Menlu Marty Natalegawa
Foto: blogspot.com
Menlu Marty Natalegawa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah Indonesia siap mendukung rakyat Mesir dalam proses reformasi yang terjadi menyusul tergulingnya Presiden Hosni Mubarak . Pengalaman Indonesia yang pernah mengalami transformasi sistem politik serupa menjelang awal abad 20, bisa menjadi acuan bagi Mesir untuk menata pemerintahannya.

"Indonesia akan selalu berada di sisi Mesir dalam upayanya menuju transisi yang demokratis," kata Menteri Luar Negeri RI, Marty M Natalegawa, Ahad (13/2).

Pemerintah Indonesia, lanjut Marty, secara resmi menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh bangsa Mesir, karena telah mampu menggulingkan pemerintahan otoriter yang dikomandoi Mubarak sejak 30 tahun lalu itu. 

Marty berkeyakinan, proses kudeta tersebut adalah langkah terbaik bagi rakyat Mesir. “Hal ini akan mengawali bergulirnya proses transisi demokrasi yang damai dan inklusif yang mengikutsertakan seluruh elemen bangsa Mesir,” katanya. 

Ditambahkan Marty, pemerintah Indonesia percaya bahwa Mesir akan tetap memainkan peranan penting di kawasan Timur Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement