Senin 07 Mar 2011 14:43 WIB

Wapres ke Australia Terima Doktor HC

Wapres Boediono
Foto: Antara
Wapres Boediono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKWARTA - Wakil Presiden Boediono akan berkunjung ke Australia, untuk menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari 'University of Western Australia', dan melakukan pertemuan bisnis dengan pengusaha setempat. "Pemberian gelar tersebut diberikan karena Wapres dinilai banyak berjasa dalam bidang pengabdian masyarakat melalui karirnya selama ini di pemerintahan," kata Juru bicara Wapres Yopie Hidayat kepada pers, di Istana Wapres Jakarta, Senin (7/3).

Wakil Presiden Boediono melakukan kunjungan kerja ke Australia, pada 9-13 Maret 2011 dan akan mengunjungi Perth, Canberra dan Sydney. Menurut Yopie, Wapres memperoleh gelar sarjana (S1) dari universitas tersebut, sebagai mahasiswa yang mendapat beasiswa 'Colombo Plan'.

Selama di Perth 9-10 Maret, lanjutnya, Wapres juga akan menghadiri konferensi yang diselenggarakan oleh lembaga pemikir Australia, 'The Zone', dan akan menjadi pembicara kunci dalam kesempatan itu. "Wapres akan menyampaikan pidato yang intinya menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan dampaknya terhadap Asia Tenggara serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan di Asia," paparnya.

Di Perth, Wapres juga akan meninjau sejumlah pusat teknologi gelombang energi laut, mengingat Australia cukup maju dalam mengolah energi yang berasal dari laut. Saat berkunjung ke kota di Pantai Barat Australia itu, Wapres juga akan bertemu secara resmi dengan Gubernur Australia Barat Kim Hames.

Pada tanggal 11 Maret, kata Yopie, Wapres melanjutkan perjalanan ke Canberra untuk bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Australia Wayne Swan, dan melakukan pertemuan dengan masyarakat Indonesia yang ada di negara itu di KBRI. Wapres pada tanggal 12 Maret melanjutkan perjalanan ke Sydney, yang salah satu agendanya bertemu dengan komunitas bisnis Negeri Kanguru.

"Dalam pertemuan itu, Wapres akan menyampaikan perkembangan ekonomi dan peluang yang bisa dimanfaatkan para pengusaha Australia di Indonesia," tutur Yopie, menjelaskan.

Inti dari kunjungan Wapres tersebut, adalah sebagai upaya meningkatkan hubungan kedua negara yang selama ini telah berjalan dengan baik dan akan ditingkatkan di masa-masa mendatang. Yopie mengatakan, Wapres juga akan melakukan pembicaraan dengan pejabat setempat mengenai reformasi birokrasi, mengingat pelaksanaannya di Australia sudah berjalan dengan baik.

Sejumlah menteri akan ikut dalam kunjungan tersebut yaitu Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Keuangan Agus Martowardojo, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement