Sunday, 14 Ramadhan 1440 / 19 May 2019

Sunday, 14 Ramadhan 1440 / 19 May 2019

Viral Presiden Mesir Bersepeda Santai di Jalanan, Ada Apa?

Ahad 04 Nov 2018 12:32 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Presiden Mesir el-Sisi

Presiden Mesir el-Sisi

Foto: Ten TV
Sisi hendak menyampaikan pesan ke dunia bahwa Mesir aman-aman saja.

REPUBLIKA.CO.ID, SHARM SHEIKH— Di tengah-tengah kesibukannya sebagai kepala negara, Presiden Mesir el-Sisi, masih sempat berolah raga di tempat terbuka.

Pemandangan ini di satu sisi memang jarang ditemukan, apalagi mengingat kondisi dan situasi keamanan Mesir yang masih belum menentu. 

Kamis lalu, Sisi, tampak bersepeda santai menggunakan sepeda gunung mengelilingi Kota Sharm Syekh pagi hari. Kota ini terkenal sebagai kota eksotik yang terletak di pengujung selatan Semenanjung Sinai di Mesir, sepanjang pesisir antara Laut Merah dan Gunung Sinai. 

Menurut Juru Bicara Kantor Kepresidenan Mesir Bassam Radhi, seperti dikutip dari Alarabiya, akhir pekan lalu, aktivitas tersebut dilakukan usai kunjungannya kenegaraan di Berlin. 

Sisi langsung menuju Sharm Sheik. Aktivitas bersepeda ini dilakukan di tengah waktu senggangnya menghadiri pelaksanaan pertemuan forum pemuda yang dia bina.

photo

Presiden Sisi bersepeda

Dalam video yang disiarkan stasiun televisi Mesir “Ten”, Sisi terliihat menggunakan kaus putih dan celana olah raga, ditemani sejumlah pengawalnya dan bersepeda di jalanan umum Sharm Sheikh. 

Kemunculan Sisi berolah raga di jalanan Mesir tak hanya kali ini. Pada 2014 Sisi bersepeda di kawasan Tajamu Khamis dan menyapa warga.

Pada Juni lalu juga, dia bersepeda di jalanan Kairo Baru, ditemani  Perdana Menteri Mesir Ibrahim Muhlib dan sejumlah pejabat. Dan sebelum aktivitasnya di Sharm Sheikh ini, dia juga sempat berspeda di Alexandria.      

Pemandangan ini terbilang langka, di tengah-tengah rentannya keamanan di Mesir. Tak berlebihan jika melalui aktivitasnya tersebut, Sisi seakan ingin menyampaikan pesan kepada dunia, bahwa Mesir aman-aman saja. 

Namun, tak selang berapa lama, sekelompok militan menembaki tiga bus yang mengangkut jemaah Kristen Koptik di Mesir pada Jumat 2 November 2018, yang menewaskan sedikitnya tujuh orang dan melukai 19 lainnya. Serangan terjadi di dekat Biara St. Samuel the Confessor di Minya, sekitar 210 kilometer dari Kairo.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA