Sabtu 14 Jul 2018 17:24 WIB

Bocah Tim Sepak Bola Thailand Pulang Pekan Depan

Goa tempat terjebaknya bocah tim sepak bola Thailand kini semakin terkenal.

Penyelam dari angkatan laut Thailand yang menjadi tim penyelamat anak-anak yang terjebak di gua.
Foto: Royal Thai Navy via AP
Penyelam dari angkatan laut Thailand yang menjadi tim penyelamat anak-anak yang terjebak di gua.

REPUBLIKA.CO.ID, CHIANG RAI -- Dua belas bocah Thailand yang diselamatkan dari gua yang banjir di Thailand utara akan dipulangkan dari rumah sakit pekan depan. Menteri Kesehatan Piyasakol Sakolsatayadorn mengatakan ke-12 bocah itu dan pelatih mereka pulih baik secara fisik dan mental.

Kelompok terakhir dari 12 anggota tim sepak bola Wild Boars dan pelatih mereka dibawa keluar dari gua Tham Luang, dekat perbatasan dengan Myanmar, pada Selasa (10/7) malam. "Kami perlu mempersiapkan anak-anak dan keluarga mereka untuk perhatian yang akan mereka terima ketika mereka keluar," katanya.

Sementara itu, Perdana Menteri Thailand, sebelumnya mengatakan akan melakukan tindakan ekstra untuk melindungi wisatawan yang ingin mengunjungi gua Tham Luang, tempat terjebaknya 12 atlet sepak bola dan pelatihnya selama lebih dari dua pekan. Pencarian dan operasi penyelamatan dramatis untuk mengeluarkan 13 orang dari gua di provinsi utara Chiang Rai telah menarik perhatian global dan mendominasi berita utama di seluruh dunia. Ini menjadikan kompleks goa itu semakin terkenal.

Penyelamatan Anak-Anak Gua Thailand akan Dibuat Film

PM Prayuth Chan-ocha memperingatkan bahwa tindakan keamanan harus dilakukan di dalam dan di luar gua. "Di masa depan, kami harus memantau pintu masuk dan keluar ke goa. Goa ini telah menjadi terkenal di dunia, kami harus memasaang lebih banyak lampu di dalamnya dan memasang rambu-rambu," kata Prayuth.

Ia mengatakan bahwa gua tersebut berbahaya dan akan menutupnya bagi kalangan umum untuk sementara waktu hingga semua proses selesai. Ke-12 anak laki-laki dan pelatih sepak bola mereka hilang pada 23 Juni ketika mereka menjelajahi gua setelah latihan sepak bola, tepat sebelum hujan turun hujan mengguyur kompleks.

Pengunjung disarankan untuk tidak masuk gua selama musim hujan karena diketahui rawan banjir. Pekan lalu, Otorita Pariwisata Thailand (TAT) menyampaikan pihaknya berencana untuk mempromosikan gua Tham Luang sebagai objek wisata setelah ditampilkan begitu jelas dalam berita.

Pegunungan Utara Thailand penuh dengan gua, yang beberapa di antaranya menjadi tempat pemujaan Buddha selama bertahun-tahun. Namun banyak di antara goa-goa itu yang belum pernah dieksplorasi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement