Selasa 16 Apr 2019 17:05 WIB

Dua Miliarder Prancis Sumbang Rp 4,7 T untuk Notre-Dame

Total biaya keperluan rekonstruksi Notre-Dame belum dapat dikalkulasi.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Petugas dari Paris Fire Brigade berusaha memadamkan api di Katedral Notre-Dame, Selasa (16/4). Gereja bersejarah berusia hampir 900 tahun itu terbakar pada Senin (15/4).
Foto: Benoit Moser, BSPP via AP
Petugas dari Paris Fire Brigade berusaha memadamkan api di Katedral Notre-Dame, Selasa (16/4). Gereja bersejarah berusia hampir 900 tahun itu terbakar pada Senin (15/4).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Dua miliarder Prancis siap menyumbangkan dana sebesar 300 juta euro atau sekitar Rp 4,7 triliun untuk proses rekonstruksi Katedral Notre-Dame. Gereja itu dilanda kebakaran pada Senin (15/4).

Menurut laporan Buzzfeed, seperti dikutip laman ABC News, milarder Prancis Bernard Arnault telah menjanjikan dana sebesar 200 juta euro untuk rekonstruksi Notre Dame. Miliarder Prancis lainnya, François-Henri Pinault siap menyumbangkan 100 juta euro.

Baca Juga

Kendati demikian, hingga kini, total biaya untuk keperluan rekonstruksi belum dapat dikalkulasi secara presisi. Sebelum dilahap api, kelompok bernama Friends of Notre Dame sempat memperkirakan biaya renovasi gereja bergaya gotik itu dapat menelan biaya 150 juta euro.

Seorang profesor arsitektur di Universitas Notre Dam di South Bend, Indiana, Krupali Krusche, mengatakan diperlukan waktu lima hingga tujuh tahun bagi Notre Dame untuk benar-benar pulih dari kebakaran. "Bangunan aslinya membutuhkan waktu lebih dari 100 tahun untuk benar-benar berdiri, sepotong demi sepotong," katanya.

Dia menilai, proses rekonstruksi dan renovasi Notre Dame tentu dapat dilakukan. Namun, dia memprediksi hal tersebut membutuhkan waktu hingga 10 tahun.

Rakyat Prancis cukup berduka atas insiden terbakarnya Katedral Notre-Dame. Presiden Prancis Emmanuel Macron bahkan menyebut peristiwa itu sebagai tragedi yang mengerikan. Dia pun bersumpah akan membangun kembali katedral itu bersama rakyat Prancis.

Proses pembangunan Katedral Notre Dame dimulai pada 1163 dan berlangsung sekitar satu abad. Pembangunan gereja secara resmi selesai pada 1345.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement