Selasa 19 Jun 2018 13:28 WIB

Menlu Rusia dan AS Bahas Suriah dan Korea via Telepon

AS dan Rusia juga bahas jadwal kontrak politik dalam waktu dekat

Rep: Crystal Liestya Purnama/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov
Foto: Reuters
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo dilaporkan mengadakan pembicaraan melalui telepon pada Senin (18/6). Pembicaraan itu membahas masalah Suriah dan Semenanjung Korea.

Menurut pernyataan resmi dari departemen luar negeri AS, mereka juga berbicara tentang jadwal kontak politik antara Moskow dan Washington dalam waktu dekat dan hubungan bilateral. "Pompeo menekankan kembali komitmen AS terhadap pengaturan gencatan senjata barat daya yang disetujui oleh Presiden Trump dan Presiden Putin satu tahun lalu," kata Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan, dilaporkan Middle East Monitor.

Dalam percakapan tersebut, Pompeo menggarisbawahi bahwa penting bagi Rusia dan rezim Suriah untuk mematuhi pengaturan ini. Pihaknya juga ingin memastikan tidak ada kegiatan sepihak di negara tersebut.

Selain Suriah, Pompeo dan Lavrov membahas hubungan AS-Rusia, kata Departemen Luar Negeri. Pernyataan AS tidak menyebutkan apakah kedua diplomat itu berbicara tentang Semenanjung Korea.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement