Senin 25 Nov 2013 07:11 WIB

Turki Dukung Kesepakatan Nuklir Iran-P5+1

Suasana perundingan Iran-P5+1 (ilustr
Foto: Daily Mail
Suasana perundingan Iran-P5+1 (ilustr

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Turki telah menyambut baik hasil kesepakatan yang dicapai antara negara P5+1 dan Iran atas program nuklirnya yang kedua dan menegaskan dukungan Turki atas proses pemberlakuannya.

"Saya menyambut perjanjian hari ini mengenai program nuklir Iran. Saya telah menganjurkan solusi melalui diplomasi dan kami terlibat banyak upaya diplomatik di Turki untuk mencapai tujuan ini," kata Presiden Turki Abdullah Gül melalui akun twitter-nya pada 24 November.

"Ini adalah langkah maju yang besar. Saya harap itu akan disegel dengan kesepakatan akhir segera dicapai. Saya mengucapkan selamat kepada semua pihak untuk keterlibatan konstruktif mereka."

Kementerian Luar Negeri Turki juga menyambut baik kesepakatan itu dan mengucapkan selamat kepada Iran dan negara P5 +1, mengingat bahwa kesepakatan yang dicapai di Jenewa merupakan hasil pencapaian Deklarasi Teheran yang diprakarsai oleh Turki dan Brasil pada tahun 2010.

"Dengan segala cara, kesepakatan tersebut merupakan awal dari proses dan langkah-langkah membangun kepercayaan jangka pendek," jelasnya.

Inisiatif tahun 2010 oleh Turki dan Brasil untuk solusi diplomatik hampir mengalami kegagalan karena Amerika Serikat tidak mendukung langkah itu meskipun sebelumnya memberi lampu hijau bagi kedua negara untuk memulai apa yang mereka sebut "pertukaran kesepakatan."

sumber : Hurriyet Daily News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement