Ahad 26 Jan 2014 02:11 WIB

Artefak Berusia 4000 Tahun Ungkap Cerita Bahtera Nuh

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi kapal yang ditumpangi Nabi Nuh AS dan pengikutnya
Foto: perisai.net
Ilustrasi kapal yang ditumpangi Nabi Nuh AS dan pengikutnya

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ilmuwan arkeolog mengklaim berhasil mengungkap makna dari sebuah artefak berusia sekitar 4000 tahun berbentuk persegi yang terbuat dari tanah liat dari zaman Mesopotamia. Isi tulisan paku Mesopotamia pada artefak itu ternyata sedikit banyak mengungkap kisah bahtera Nabi Nuh AS.

Artefak persegi berusia 4000 tahun itu sekarang berada di British Museum di London Inggris. Beberapa temuan para ilmuwan dari artefak itu diantaranya penjelasan sebuah kapal besar yang berbentuk bulat melingkar, bukan seperti bentuk kapal yang digambarkan selama ini.

"Artefak itu mengungkapkan perahu yang digunakan berbentuk bulat melingkar," kata Irving Finkel si penemu artefak. Finkel pun mengatakan artefak ini merupakan temuan paling penting yang pernah ada selama ini.

Ia menjelaskan, artefak itu mencatat adanya petunjuk dari Tuhan masyarakat Mesopotamia pada saat itu untuk membangun kapal raksasa. Musem Inggris mengatakan detail pada artefak persegi akan dianalisis oleh arsitek dan sejarah kelautan untuk menentukan kapan kapal tersebut bisa benar-benar berlayar.

Ahli barang antik dari Mesopotamia kuno di Universitas Stony Brook, New York Elizabeth Stone, mengatakan masuk akal bahwa Mesopotamia kuno menggambarkan bahtera mitologi mereka. Namun yang perlu di teliti apakah benar kapal tersebut mengangkut hewan-hewan seperti yang diceritakan beberapa agama.

sumber : Ha'aretz
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement