Kamis 22 Jan 2015 10:29 WIB

Buruh Hongkong Antusias Berdonasi Bagi Warga Gaza

Konser KNRP di Hongkong
Foto: knrp
Konser KNRP di Hongkong

REPUBLIKA.CO.ID,HONGKONG--Cuaca yang cukup dingin di Hongkong tidak menyurutkan langkah para Buruh Migran Indonesia (BMI) untuk hadir dalam acara Konser Kemanusiaan Peduli Palestina  yang di gelar di Hongkong Playground Association Southorn Stadium Wanchai.

Sekitar 1.500 orang antre beberapa jam untuk membeli tiket seharga 70 dolar Hongkong atau sekitar Rp 100 ribu.

“Semangat untuk membantu rakyat Palestina dari para BMI di sini luar biasa,” ungkap Koordinator Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Hongkong Luthfiani Lestari dalam rilisnya, Kamis (22/1).

Terbukti dari dua kali pelaksanaan konser, jumlah sumbangan yang terkumpul saat konser kedua ini sekitar 224.468 dolar Hongkong atau Rp 336 juta.

Bentuk pengorbanan beberapa penonton saat memberikan donasi juga banyak yang membuat penonton lain terharu. Mereka diminta oleh Duta KNRP Opick Tombo Ati untuk naik ke atas panggung saat akan memberikan donasinya.

“Saya rela memberikan gaji saya yang rencananya akan dibelikan motor untuk anak, karena saya menyaksikan bahwa di Gaza lebih membutuhkan, dan saya yakin Allah pasti akan menggantinya,” tutur salah satu donatur.

Ada lagi seseorang yang sudah mempersiapkan amplop berisi 2.000 dolar Hongkong untuk membayar lelang lukisan kaligrafi. Namun, tak disangka dia juga yang memenangkan lelang dengan harga tertinggi 3.000 dolar Hongkong.

“Saat ini saya bayar donasinya, dan sisanya akan saya tunaikan saat gajian,”ungkap sang donatur.

Direktur Program Luar Negeri KNRP Suhartono yang memberikan sambutan dan orasi mengatakan, konser kemanusiaan ini sebagai langkah untuk memahami kondisi Palestina yang saat ini masih terjajah, khususnya Gaza yang masih di blokade.

“Kami berharap kita semua bisa menyaksikan Palestina merdeka, dan masjid Al Aqsha bebas total dari cengkeraman penjajah Zionis Yahudi,” tegasnya dihadapan ribuan penonton konser.

Alumnus Universitas Al Azhar Kairo Mesir ini juga memberikan ilustrasi dan semangat, “Ketika rombongan Abdullah datang mengusir penjajah dari tanah Palestina dan membebaskan Al Aqsha, mudah-mudahan ada diantara rombongan Abdullah ini, orang-orang dari Hongkong, dari Wanchai, dari Causeway Bay,” ucapnya disambut dengan gemuruh takbir.   

Selain menampilkan Opick Tombo Ati, konser kali ini juga menampilkan artis cilik Ghaniya. Penampilan Teater Matahari pun tidak kalah menarik dipentaskan oleh para BMI. Tidak ketinggalan di lokasi konser, Tim Merchandise KNRP juga menggelar produk-produk bercirikan Palestina yang diminati banyak pengunjung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement