Kamis 23 Nov 2017 12:15 WIB

Sejarah Hari Ini: Kekaisaran Ottoman Serang Georgia

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ani Nursalikah
Era Dinasti Ottoman.
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

Italia bagian selatan diguncang gempa berkekuatan 7,2 skala Richter (SR) pada 23 November 1980. Peristiwa yang merenggut ribuan korban itu terpusat di Eboli, sebelah selatan Napoli.

Gempa yang terjadi pada malam saat hari libur itu menewakan lebih dari 3000 jiwa dan melukai banyak korban lainnya. Sekitar 26 anak tewas tertimbun reruntuhan bangunan saat tengah bersiap melakukan ibadah pertama mereka di Gereja Conza Della Compagna yang berusia 1.000 tahun.

Guncangan tersebut juga menybabkan kebakaran hebat akibat pecahnya saluran gas. Rusaknya pipa-pipa air akibat gempa membuat tim pemadam kebakaran kesulitan mejinakan kobaran api. Tak hanya itu, insiden juga mengakibatkan terpuutusnya akses trasportasi ke desa terpencil yang membutuhkan bantuan. Salah satu wilayah yang sulit dijangkau adalah Pegunungan Apennine.

Situasi semakin sulit dikendalikan saat kabut tebal menimpa kawasan tersebut pagi harinya. Selama beberapa pekan kondisi berangsur pulih. Saat itu penghitungan korban baru menjadi jelas dimana 3000 jiwa meninggal dan 300 ribu korban lainnya tidak memiliki rumah.

Situasi kembali memburuk menyusul beralihnya cuaca yang mulai memasuki musim dingin. Pemerintah kemudian membangun tenda-tenda darurat di lebih dari 200 kota yang terdampak gempa sebagai tempat bernaung warga dari udara dingin.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement