Senin, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Senin, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

PM Irak Pecat Kepala Keamanan Baghdad

Sabtu 09 Jul 2016 09:27 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Winda Destiana Putri

PM Irak Haider al-Abadi

PM Irak Haider al-Abadi

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi memecat kepala keamanan Baghdad pascatragedi bom yang menewaskan 340 orang, Jumat (8/7). Abadi tidak menyebut nama pejabat yang dipecatnya.

Dalam pernyataan, Abadi mengatakan telah memerintahkan komandan Baghdad Operations untuk melepaskan jabatannya. Kepala Baghdad Operations Command saat ini adalah Letnan Jenderal Abdulamir al-Shimmari.

Seorang pejabat di kantor Abadi mengatakan pada AFP bahwa Abadi memecat dua pejabat lain. Diantaranya adalah kepala intelegen untuk Baghdad di Kementerian Dalam Negeri dan pejabat yang bertanggung jawab atas ibukota di kantor penasihat keamanan nasional.

Ketiga orang ini adalah pejabat terbaru yang dilepas dari posisi. Pada Selasa, Menteri Dalam Negeri Irak, Mohammed Ghabban mengundurkan diri ditengah gelombang kemarahan publik pascaledakan di Karada, Baghdad.

ISIS mengklaim tanggung jawab atas serangan tersebut. Bom bunuh diri juga menghantam kompleks makam Sayyid Mohammed pada Kamis dan diakui ISIS.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA