Senin 30 May 2011 06:54 WIB

AL AS Serbu Perompak Somalia, Kapal yang Dibajak Tenggelam dan Kapten Kapal Tewas

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kapten kapal Taiwan yang dibajak tewas dalam tembak-menembak antara pasukan Angkatan Laut AS dan perompak Somalia, dan pemerintah Taiwan mengungkapkan keprihatinan atas insiden tersebut, kata seorang pejabat Taiwan, Ahad.

Kapal nelayan  Jih-chun Tsai 68 dengan berat 80 ton, yang diawaki oleh 10 orang Indonesia dan Kapten Wu Lai-yu, dibajak pada Maret 2010 ketika sedang berlayar di perairan lepas pantai Somalia. Kapal nelayan itu tenggelam dan tiga perompak tewas, kata kementerian tersebut.

"Kami mengungkapkan keprihatinan kepada AS," kata juru bicara kementerian itu Steve Shia kepada AFP, Ahad. "Kami juga meminta Lembaga Amerika di Taiwan memberikan laporan penyelidikan mengenai insiden tersebut," katanya, menunjuk pada kedutaan besar de fakto AS di Taipeh.

Perompakan meraja-lela di lepas pantai Somalia, yang mengacaukan jalur pelayaran antara Eropa dan Asia, membuat awak dan kapal terancam bahaya serta mendorong beaya asuransi bagi perusahaan perkapalan.

PBB memperingatkan, perompak Somalia menjadi semakin berani dan tetap mendahului pasukan angkatan laut internasional yang berusaha mengakhiri pembajakan di kawasan perairan itu.

Mohamed Siad Barre pada 1991. Selain perompakan, penculikan dan kekerasan mematikan juga melanda negara tersebut.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement