Rabu 12 Oct 2011 15:41 WIB

Dalih Hindari Vandalisme Pemukim Yahudi, Israel Paksakan Panen Zaitun Dipercepat

Warga Palestina mengusir pemukim Israel di kebun zaitun miliknya
Foto: sahabatalaqsha
Warga Palestina mengusir pemukim Israel di kebun zaitun miliknya

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH - Otoritas Israel, memberi waktu bagi para petani zaitun Palestina untuk memanen tanaman mereka tahun ini. Alasan Israel demi melindungi warga Palesina dari sikap kekerasan dan vandalisme pemukim Yahudi.

Bagi para keluarga di Tepi Barat, yang kehidupan mereka bergantung pada penjualan zaitun dan minyaknya, memetik buah zaitun sebelum matang dapat menurunkan nilainya secara signifikan. Alhasil mereka cenderung tak mengikuti instruksi otoritas Israel.

Keluarga Yahudi di pemukiman sekitar mengklaim bahwa aktivitas saat panen ketika banyak orang berkumpul dapat digunakan sebagai dalih untuk aktivitas terorisme, karena itulah mereka sering kali menyerang kebun zaitun milik warga Palestina. Akibat aksi yang sering terjadi itu pula militer Israel harus mengawasi kebun-kebun zaitun warga Palestina.

Namun banyak warga Palestina melihat kekerasaan itu dari sisi lain, yakni ketika para pemukim Yahudi membakar dan menebang pohon-pohon zaitun tersebut. Meski aksi itu memaksa mereka menanam kembali, mereka dengan sabar melakukannya lagi, menumbuhkan kembali pohon-pohon tersebut, merawat, menunggu hingga matang untuk kemudian dipanen.

sumber : Al Jazeera
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement