Kamis 19 Apr 2012 02:37 WIB

Bentuk Kubah Lava, Gunung Api Meksiko Berstatus Waspada

Gunung Api Popocatepetl membentuk kubah lava
Gunung Api Popocatepetl membentuk kubah lava

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO CITY - Meksiko dalam status siaga bencana.Pihak berwenang di Meksiko telah menaikkan tingkat siaga untuk gunung berapi Popocatepetl di tenggara dari Kota Meksiko.

Gunung api itu mengeluarkan suara bergemuruh. Kenaikan status ini sekarang ada di langkah kelima pada skala peringatan tujuh tingkat.

Selain suara gemuruh, abu dan asap juga dimuntahkan Gunung Popocatepetl. Aktivitas gunung bisa dipantau dengan jelas dari Kota Xalitxintla di negara bagian Puebla.

Sebuah kubah lava telah terbentuk di kawah gunung berapi, kata Pusat Pencegahan Bencana Nasional Meksiko. Gunung setinggi 5.450 meter ini juga telah memuntahkan fragmen batuan pijar, serta uap air dan abu.

Pusat Pencegahan Bencana itu mengatakan sampai radius 12 km dari kawah, daerah tersebut telah tertutup bagi pengunjung. Badan itu juga mendesak orang untuk berpindah.

Dikenal oleh masyarakat lokal sebagai El Popo atau Don Goyo, gunung ini pernah mengalami letusan hebat pada 18 Desember 2000. Saat itu, bebatuan membara berloncatan dari kawah hingga jarak ribuan meter sehingga memaksa orang-orang yang tinggal di desa-desa sekitarnya untuk mengungsi.

Gempa berkekuatan 7,0 skala Richter menghantam Meksiko, Rabu, 11 April 2012. US Geological Survey melaporkan, gempa terjadi dengan kekuatan 7,0 skala Richter berkedalaman 65 kilometer berpusat di pegunungan negara bagian Mechioacan atau sekitar 336 kilometer sebelah barat daya Acapulco.

sumber : USA Today
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement