Senin 25 Jun 2012 09:07 WIB

Mursi Berjanji akan Lanjutkan Revolusi Mesir

Rep: Gita Amanda/ Red: Karta Raharja Ucu
Presiden baru Mesir, Mohamed Morsi.
Foto: TEG
Presiden baru Mesir, Mohamed Morsi.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Dalam pidato pertamanya sebagai presiden terpilih Mesir, Mohamed Mursi meminta, semua orang untuk bersatu. Ia juga meminta revolusi yang terjadi setelah penggulingan Husni Mubarak, akan terus berlanjut.

Ia menyatakan bakal menjadi presiden bagi semua orang di Mesir. "Saya menyerukan pada Anda, orang-orang hebat di Mesir, untuk memperkuat persatuan nasional kita," kata Mursi seperti dilansir kantor berita AFP.

Morsi menambahkan, persatuan bangsa adalah satu-satunya jalan untuk keluar dari masa sulit saat ini. Mursi juga memberi penghormatan pada para syuhada yang berjuang untuk revolusi.

Kepala Supreme Presidential Electoral Commission (SPEC) Mesir Farouq Sultan secara terpisah mengatakan, Mursi menerima hampir 52 persen suara. Yakni sekitar lebih dari 13 juta suara rakyat Mesir memilihnya. Sementara mantan Perdana Menteri Mesir, Ahmad Shafiq, memenangkan lebih dari 12 juta suara.

Puluhan ribu warga Mesir berkumpul di Kairo dan seluruh negeri untuk merayakan kemenangan Mursi. Mereka meneriakkan slogan-slogan seperti, 'Tuhan Maha Besar' dan 'Turunnya Kekuasaan Militer'.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement