Rabu 22 Aug 2012 07:20 WIB

Jenazah PM Ethopia Zenawi Tiba di Addis Ababa dari Brusel

Meles Zenawi
Meles Zenawi

REPUBLIKA.CO.ID, ADDIS ABABAB -- Jenazah Perdana Menteri Ethiopia Meles Zenawi pada Selasa tiba kembali di Addis Ababa. Meles meninggal Senin malam setelah lama sakit. Ia wafat di rumah sakit Brussels pada usia 57 tahun.

Sejumlah besar orang telah berkumpul di bandara. Istri Meles Azeb Mesfin, berpakaian hitam, terlihat meninggalkan pesawat.

Belum diketahui di mana jeazah itu akan disemayamkan atau kapan pemakaman diadakan.

Perdana Menteri Ethiopia Meles Zenawi dikenal sebagai orang kuat di Tanduk Afrika yang memerintah dengan tangan besi selama lebih dari dua dekade.

Meles, seorang mantan pemberontak yang berkuasa pada tahun 1991 setelah menumbangkan kediktatoran Mengistu Haile Mariam. Ia membawa Ethiopia pada jalur pertumbuhan yang cepat serta memainkan peran penting dalam mediasi konflik regional. Tetapi dia juga dikritik dalam menindak lawan dan membatasi hak asasi manusia.

Pemimpin berusia 57 tahun itu adalah sekutu penting Barat dalam memerangi kelompok yang berkaitan dengan Al Qaida. Dia belum pernah terlihat lagi di depan umum sejak KTT G20 di Meksiko pada Juni.

Juru bicara Komisi Eropa Olivier Bailly mengatakan Meles telah meninggal di Brussels, tetapi pemerintah Ethiopia hanya mengatakan bahwa ia telah meninggal di luar negeri. Jenazahnya tiba kembali di Addis Ababa pada Selasa malam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement