Rabu 14 Nov 2012 09:23 WIB

Jenderal AS di Afghanistan Diperiksa Terkait Perempuan

Leon Panetta
Foto: plaidavenger.com
Leon Panetta

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Komandan senior AS di Afghanistan telah diperiksa karena diduga berkomunikasi secara tidak layak dengan seorang perempuan yang terlibat dalam skandal yang memaksa Direktur CIA, David Petraeus, mundur dari jabatan.

Menteri Pertahanan AS, Leon Panetta, Selasa (13/11) mengatakan ia telah menginstruksikan Inspektur Jenderal di Departemen Pertahanan untuk membuka pemeriksaan terhadap Jenderal John Allen. Perintah pemeriksaan dikeluarkan setelah FBI mengajukan kasus keterlibatan Allen ke Pentagon pada Ahad (11/11).

''Allen akan tetap menjadi Komandan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) selama kasus itu diperiksa,'' kata Panetta. Ia menambahkan kasus tersebut juga mesti disampaikan ke Komite Urusan Militer Senat AS.

Allen menjadi Komandan ISAF dan Komandan Pasukan AS di Afghanistan pada Juli 2011. Pencalonannya sebagai panglima Komandan AS di Eropa dan komandan pasukan NATO di Eropa ditangguhkan sampai fakta yang relevan dipastikan.

''Panetta juga telah meminta anggota senior Komite Urusan Militer Senat agar menunda proses dengar pendapat pengukuhan yang dijadwalkan mengenai pencalonan Allen,'' demikian laporan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement