Rabu 14 Nov 2012 13:59 WIB

Jenderal AS Dihukum karena Jalan-jalan Mahalnya

Leon Panetta
Foto: AP/J. Scott Applewhite
Leon Panetta

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Jenderal berbintang empat Amerika Serikat yang memimpin Komando Afrika telah diturunkan pangkatnya. Dia dituduh menggunakan dana ratusan ribu dolar dalam perjalanan mahalnya.

Menteri Pertahanan AS, Leon Panetta, menurunkan pangkat Jenderal William "Kip" Ward. Sang jenderal juga diminta untuk mengembalikan dana sebesar 82.000 dolar AS (Rp789 juta) karena menggunakan dana perjalanan Pentagon secara tidak wajar

''Jenderal berbintang empat itu akan pensiun dengan pangkat letnan jenderal, yaitu pangkat dengan tiga bintang,'' kata seorang pejabat militer.

Ketidakwajaran yang dilakukan Jenderal Ward antara lain membawa isterinya dalam perjalanan dinas yang diperpanjang waktunya. Demikian menurut laporan Inspektur Jenderal (Itjen) Departemen Pertahanan yang dikeluarkan Juni.

Saat mengunjungi Bermuda, Ward tinggal di kamar 'suite' yang bertarif 747 dolar (Rp7,2 juta) semalam. Dia tinggal di Hotel Fairmont Hamilton Princess. Isterinya juga dicurigai menggunakan kendaraan dinas tanpa izin.

Ward, komandan pertama AFRICOM dari 2007-2011 yang berbasis di Stuttgart, membantah tuduhan-tuduhan tersebut. Laporan Itjen mendapati temuan bahwa Ward melakukan perjalanan selama 11 hari ke Washington dan Atlanta bersama rombongan militer dengan menghabiskan dana 129.000 dolar (Rp 1,2 miliar).

Padahal, perjalanan dinas resmi yang dilakukannya hanya selama tiga hari. Tujuan utama kunjungan tersebut diketahui untuk keperluan pribadi.

''Isteri Ward melakukan perjalanan dengannya menggunakan pesawat militer dalam 52 dari 79 perjalanan yang dikaji oleh para penyelidik,'' kata laporan.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa Ward memperpanjang lama perjalanannya sebanyak tujuh kali untuk keperluan pribadi.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement