Jumat 04 Jan 2013 06:08 WIB

Pesawat tanpa Awak AS Makin Merajalela, Ini Korbannya

Pesawat tanpa awak AS/ilustrasi
Foto: gizmag.com
Pesawat tanpa awak AS/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SANAA---Serangan pesawat tak berawak AS pada Kamis menewaskan tiga tersangka anggota Al Qaida di kota Rada di provinsi Al-Bayda, Yaman tengah, yang merupakan lokasi serangan serupa akhir-akhir ini, kata beberapa sumber suku.

Mukbel Abbad, saudara ipar Tareq al-Dahab yang memimpin gerilyawan Al Qaida dalam penyerbuan singkat terhadap daerah Rada pada Januari 2012, tewas bersama dua terangka lain, kata sumber-sumber itu.

Menurut satu sumber, Abbad adalah seorang gerilyawan utama Al Qaida.

Sabtu, serangan pesawat tak berawak menewaskan tiga terangka militan di daerah yang sama, dalam serangan keempat dalam waktu satu pekan.

Dengan serangan mematikan Kamis itu, jumlah tersangka anggota Al Qaida yang tewas di Yaman menjadi 14 sejak 24 Desember, ketika serangan-serangan pesawat tak berawak terhadap sasaran di Al-Bayda dan provinsi Hadramawt, Yaman timur, ditingkatkan.

Tareq al-Dahab, yang memimpin gerilyawan Al Qaida dalam serangan Januari 2012, tewas ditembak pada Februari oleh saudara tirinya yang kata seorang pemimpin suku disewa oleh pihak berwenang Yaman.

Dahab adalah saudara ipar ulama kelahiran AS Anwar al-Awlaqi, yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS pada September.

Militan Al Qaida memperkuat keberadaan mereka di wilayah selatan, dengan memanfaatkan melemahnya pemerintah pusat akibat pemberontakan anti-pemerintah yang meletus pada Januari 2011.

Ofensif pasukan Yaman yang diluncurkan pada Mei berhasil menghalau militan Al Qaida dari sejumlah kota dan desa di wilayah selatan dan timur yang selama lebih dari setahun mereka kuasai.

Sejak ofensif militer dimulai pada 12 Mei, ratusan orang yang mencakup anggota Al Qaida, prajurit, militan lokal pro-militer dan warga sipil tewas.

Ofensif itu didukung oleh pesawat tak berawak AS yang pada hari itu melancarkan dua serangan udara di Yaman timur yang menewaskan 11 terduga anggota Al Qaida.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement