Senin 28 Jan 2013 19:05 WIB

Perompak Bebaskan Kapal Tanker Milik Iran

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Kapal tanker Iran bersandar di pelabuhan.
Foto: Maritime Security Asia
Kapal tanker Iran bersandar di pelabuhan.

REPUBLIKA.CO.ID, TERUSAN SUEZ -- Angkatan laut Iran membebaskan sebuah kapal tanker dari serangan perompak. Kapal tanker milik Iran itu diserang di 20 mil dari Pulau Masirah, Oman.

Dua kapal cepat perompak menyerang pada Ahad (27/1) waktu setempat. Mereka mencoba menyandera kapal tanker tersebut. Namun, angkatan laut Iran menyerang para perompak dan membebaskan kapal tanker.

Angkatan laut Iran memimpin partoli anti perompakan di teluk Aden sejak November 2008. Mereka mengamankan jalur laut untuk perdagangan terutama bagi kapal besar dan kapal tanker minyak yang dioperasikan Iran.

Seperti dilaporkan PressTV, teluk Aden yang menghubungkan Samudera Hindia dengan terusan Suez dan laut menidteranian merupakan ruter tercepat untuk ke Asia, Eropa, dan Amerika. Namun, serangan perompak bersenjata dari Somalia menghantui kapal-kapal yang lewat jalur tersebut.

Perompak dari Somalia telah terkenal menyandera kapal-kapal yang lewat terusan Suez. Mereka membuat kapal-kapal tersebut mencari rute lain yakni mengelilingi Afrika Selatan sehingga biaya perjalanan lebih mahal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement