Senin 11 Mar 2013 22:04 WIB

20 Maret, Barack Obama Tiba di Israel

Presiden Obama
Foto: Rick Bowmer/AP Photo
Presiden Obama

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Lawatan tiga hari Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke Israel dan sejumlah wilayah di Palestina akan dimulai pada 20 Maret 2013 mendatang. Tepat tanggal 20 Maret, Obama akan menginjakkan kaki di Israel. 

Sebuah pernyataan dari kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan Obama akan mendarat di Bandara Ben Gurion, dekat Tel Aviv. Kemudian rombongan orang nomor satu AS itu menuju Yerusalem untuk berunding dengan Presiden Shimon Peres dan santap malam bersama Benjamin Netanyahu.

Laporan-laporan media Israel dan seorang pejabat Palestina mengatakan kunjungan Obama dilakukan pada 20-22 Maret. Dikabarkan Obama akan berunding dengan para pemimpin Israel dan Palestina di Yerusalem dan Ramallah.

Menurut acara resmi yang disiarkan kantor Netanyahu, Obama pada juga akan mengunjungi Museum Israel di Yerusalem. Selanjutnya pergi ke Ramallah di Tepi Barat untuk bertemu dengan para pejabat pemerintah Palestina.

Obama juga dijadwalkan akan menyampaikan pidato di Pusat Konvensi Internasional di Yerusalem dan kemudian makan malam di kediaman resmi Presiden Peres. Setelah itu, Obama akan menghadiri upacara di Mount Herzl, dimana ia akan meletakkan karangan bunga di makam almarhum Perdana Menteri Yitzhak Rabin yang tewas dibunuh, dan kemudian ke yayasan Yad Vashem Holocaust.

Obama juga akan diajak melihat baterai pertahanan rudal Iron Dome yang didanai AS sebelum lepas landas melanjutkan lawatannya ke Yordania.

Menurut bocoran seorang pejabat AS, Obama mengingatkan lawatannya ke Israel itu tidak dimaksudkan untuk mengatasi masalah kebijakan tertentu. Melainkan sebagai peluang untuk berembuk dengan pemerintah Israel mengenai permasalahan lainnya, termasuk Iran, Suriah dan keadaan di kawasan serta proses perdamaian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement