Kamis 31 Oct 2013 20:39 WIB

Gempa 5,5 SR Goyang Cina, 10 Cedera

Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Antara/Fiqman Sunandar
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CHANGCHUN -- Sepuluh orang cedera ketika dua gempa bumi mengguncang Kota Songyuan di Provinsi Jilin, China Timur-laut, Kamis (31/10) pagi. Korban cedera serius telah dikirim ke beberapa rumah sakit lokal.

"Gempa berkekuatan 5,5 skala Richter mengguncang kota tersebut pada pukul 11.03. Pusat gempa, dengan kedalaman delapan meter, berada di 44,6 derajat Lintang Utara dan 124,2 derajat Bujur Timur," kata Pusat Jaringan Gempa Bumi Cina, seperti dinukil dari Xinhua.

Gempa berkekuatan 5,0 SR dengan kedalaman enam kilometer mengguncang daerah yang sama pada pukul 11.10 waktu setempat. "Pusat gempa itu berada di Desa Dongbaiyinhua, tempat saluran telekomunikasi telah terputus," kata seorang petugas dari Kabupaten Otonomi Mongolia Qian Gorlos.

Hingga pukul 15.00, beberapa rumah dari lebih 4.100 rumah telah rusak dan 55 rumah lagi hancur di Kota Kecil Chaganhua. Kerugian ekonomi diperkirakan mencapai 130 juta yuan (sekitar 21,33 juta dolar AS).

Pemerintah lokal telah memindahkan sebanyak 14.400 warga di Kota Kecil Chaganhua. Pemerintah Kabupaten Otonomi Mongolia Qian Gorlos mengatakan, semua taman kanak-kanak dan sekolah ditutup mulai Kamis sore sampai Jumat (31/10).

Gempa itu dapat dirasakan di sebagian besar wilayah Provinsi Jilin dan beberapa kota besar di Provinsi Heilongjiang --yang bertetangga. Sejauh ini, belum ada laporan mengenai korban jiwa.

Pemerintah Provinsi Jilin telah menyediakan 500 ribu yuan dalam bentuk dana bantuan bencana buat wilayah yang diguncang gempa. Tim pertolongan telah dikerahkan ke wilayah tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement