Selasa 26 Nov 2013 09:25 WIB

Rusia Kirim 40 Helikopter ke Distrik Militer Timur

Helikopter Mi-8AMTSh.
Foto: IST
Helikopter Mi-8AMTSh.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Distrik Militer Timur Rusia akan menerima lebih dari 40 helikopter tempur di akhir 2013.

"Lebih dari 40 helikopter Mi-8AMTSh dan Ka-52 helikopter baru akan dikirimkan ke pangkalan udara di Distrik Militer Timur pada akhir tahun ini," kata Letnan Kolonel Alexander Gordeev, seperti disadur dari RIA Novosti-0ANA.

Puluhan helikopter anyar itu untuk menggantikan armada helikopter serang Mi-24 Hind yang sudah cukup tua. "Selain itu, helikopter tersebut secara signifikan akan meningkatkan kemampuan tempur penerbangan militer di Timur Jauh Rusia," kata Kementerian Pertahanan.

Distrik Militer Timur adalah salah satu dari empat perintah strategis operasional Angkatan Bersenjata Rusia. Armada ini dibentuk pada 2010, mencaup wilayah-wilayah bekas Distrik Militer Timur Jauh dan bagian dari bekas Distrik Militer Siberia serta memiliki kantor pusat di Khabarovsk.

'Terminator' Mi- 8AMTSh adalah hasil upgrade, versi lapis baja dari helikopter transportasi tempur Mi-8 yang terkenal. Helikopter ini dapat dipersenjatai dengan campuran rudal Igla (Grouse) udara-ke-udara rudal, rudal Shturm-V (Spiral) udara-ke-permukaan, senjata gun-pod 23-mm, dan roket-pod yang dilengkapi dengan roket-roket tak terarah 80-mm.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement