Selasa 31 Dec 2013 04:18 WIB
Tokoh Terkenal yang Wafat Sepanjang 2013

Nagisa Oshima, Pembuat Film Paling Kontroversial

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Joko Sadewo
Peti mati di upacara pemakaman (ilustrasi)

Sementara di Februari, politikus Amerika Serikat (AS) Ed Koch wafat ketika berusia 88 tahun. Nama Koch tentu tidak asing bagi pengamat perekonomian dan infrastruktur. Koch adalah Wali Kota New York pada 1978 - 79.

Setahun kepemimpinannya sanggup menjadikan kota niaga terbesar di dunia itu mengalami kebangkrutan. Koch wafat lantaran gagal jantung.

Menyusul selanjutnya, adalah Donald Byrd. Dia ini seorang musisi jazz berpengaruh. Pemain trompet kebangsaan AS ini wafat di New Jersey, persisnya di Teaneck. Byrd adalah perintis awal funk and soul dalam generasi jazz di masa keemasaanya pada rentang tahun akhir 50-an sampai 1970-an.

Di belahan dunia lain, kematian di bulan Februari mencatatkan nama Afzal Guru dalam sejarah. Pada 9 Februari Afzal, tewas di tiang gantung pemerintahan India lantaran dituduh terlibat dalam peledakan bom di Parlemen India pada 2001. Nama Afzal selalu terikat dalam perjuangan masyarakat Kashmir untuk merdeka.

Pembunuhan seorang pengacara bernama Shokri Belaid adalah pemicu utama revolusi di Tunisia. Belaid sejak 1980-an memang dikenal cadas melanggengkan watak oposisi terhadap Presiden Ben Ali. Akhir riwayat tragisnya, 6 Februari menyisakan pertikain politik yang tak mudah diselesaikan oleh pemerintahan pasca-Ali terusir secara paksa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement