Rabu 19 Mar 2014 00:04 WIB

Surat Kabar AS Ini Gunakan Robot untuk Menulis Berita

Surat kabar Los Angeles Times (LA Times) menggunakan robot untuk menulis berita mengenai gempa bumi.
Foto: colorlines.com
Surat kabar Los Angeles Times (LA Times) menggunakan robot untuk menulis berita mengenai gempa bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Los Angeles Times (LA Times) merupakan koran pertama yang mempublikasikan berita mengenai gempa bumi melalui robot. Wartawan dan programmer Ken Schwencke menciptakan sebuah algoritme yang secara otomatis membuat sebuah berita pendek ketika gempa bumi terjadi.

Schwencke mengatakan kepada majalah Slate, penulisan berita oleh robot itu membutuhkan waktu sekitar tiga menit untuk kemudian dipublikasikan secara online. Penggunaan 'Jurnalisme-Robo' di kantor media di seluruh dunia meningkat.

Koran LA Times merupakan pelopor dalam penggunaan teknologi dengan sumber yang terpercaya, seperti Survei Geologi AS, dan menempatkan data ke dalam sebuah pola tulisan. Seperti laporan tentang gempa bumi, juga digunakan algoritme lain untuk menghasilkan sebuah berita tentang kejahatan di kota, dengan seorang editor yang memutuskan tulisan mana yang lebih banyak menarik perhatian.

Menghemat waktu

Organisasi media lain telah melakukan ujicoba dengan metode pelaporan berdasarkan algoritme di bidang yang berbeda, terutama olah raga.

Berita yang dihasilkan tidak menggantikan posisi wartawan, menurut Schwencke, tetapi mengumpulkan dan menyebarkan data lebih cepat. "Ini merupakan tambahan," kata dia kepada majalah Slate.

"Ini membuat orang banyak menghemat waktu, dan untuk berita tertentu, dapat memperoleh informasi sama baiknya dengan yang dilakukan orang lain. Cara saya memandangnya, ini tidak menghilangkan pekerjaan seseorang, malah membuat pekerjaan seseorang menjadi lebih menarik," papar Schwencke.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement