Jumat 09 May 2014 10:08 WIB

Moskow Gelar Perayaan Aneksasi Crimea

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Bilal Ramadhan
Crimean Autonomous Republic (in red)
Foto: en.wikipedia.org
Crimean Autonomous Republic (in red)

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW-- Rusia akan gelar acara tahunan Victory Day di Red Square Moskow, Kamis (8/5). Parade yang dihelat di jantung Rusia tersebut, sekaligus merayakan patriotisme yang lahir atas bergabungnya Crimea ke gugusan daratan Rusia.

Acara serupa akan digelar di pelabuhan Crimea, Sevastopol. Media Rusia melaporkan Presiden Vladimir Putin kemungkinan akan pergi ke Crimea, namun juru bicaranya belum mengonfirmasi. Victory Day dirayakan Rusia untuk mengenang kemenangan dalam Perang Dunia II.

Kontributor BBC, Steve Rosenberg mengatakan Moskow merasakan gelombang patriotisme yang besar setelah aneksasi Crimea di semenanjung Ukraina. Parade Victory Day digelar dengan penampilan militer dan show patriotik di Red Square.

Sementara, perayaan di Ukraina akan diredam di tengah kekhawatiran provokasi. Moskow membantah telah mengobarkan kerusuhan di Ukraina. Pihak berwenang Ukraina terus berjaga-jaga menghindari bentrokan jika ada acara kumpul.

''Penjagaan telah didirikan di sekitar ibukota kami, pemeriksaan juga dilakukan. Tindakan provokativ bisa saja terjadi pada 9 Mei,'' kata Presiden Ukraina sementara, Olexander Turchynov.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement