Kamis 15 May 2014 14:42 WIB

Polisi Cina Jaga Warga Negaranya di Prancis, Ada Apa?

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Bilal Ramadhan
Polisi Cina (ilustrasi)
Foto: AP
Polisi Cina (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS-- Polisi Cina akan berpatroli bersama polisi Perancis di berbagai lokasi wisata di Paris musim panas ini. Upaya itu ditempuh agar lebih banyak wisatawan Cina datang. Setiap tahun, sekitar 1,4 juta turis Cina datang ke Perancis. Tiap orang rata-rata menghabiskan 1.500 euro per kunjungan. Media lokal dan Perancis mengatakan turis Cina menjadi sasaran perampok.

"Informasi rinci mengenai kedatangan polisi Cina belum ada, tapi mereka diperkirakan datang pada Juni. Itu lebih kepada simbolisasi daripada kebijakan," kata seorang sumber di kementerian dalam negeri Perancis, dikutip dari World Bulletin, Rabu (14/5).

Pertumbuhan ekonomi berjalan stagnan di Perancis tahun lalu. Pemerintahan Presiden Francois Hollande menilai meningkatkan pariwisata dan perdagangan merupakan kunci memangkas pengangguran sebanyak 10 persen.

Menteri Luar Negeri Laurent Fabius menjadikan peningkatan hubungan ekonomi dengan Cina salah satu prioritas. "Pariwisata adalah salah satu sektor dimana kita bisa menciptakan lapangan kerja," katanya.

Fabius mengatakan polisi Perancis akan memastikan keselamatan turis Cina. Turis Cina kerap menjadi sasaran perampokan karena mereka dikenal selalu membawa banyak uanh tunai saat plesir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement