Senin 09 Jun 2014 18:55 WIB

Assad Beri Amnesti Umum

Presiden Suriah, Bashar Al-Assad
Foto: AP
Presiden Suriah, Bashar Al-Assad

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Presiden Suriah Bashar al-Assad, mengumumkan "amnesti umum" untuk semua kejahatan yang dilakukan sampai saat ini. Pernyataan itu diungkap stasiun televisi negara.

"Keputusan tersebut diterbitkan dalam konteks "pengampunan sosial, kohesi nasional panggilan untuk hidup berdampingan, ketika tentara mengamankan beberapa kemenangan militer," lapor stasiun televisi tersebut. Sayang, tidak jelas siapa yang akan disertakan dalam amnesti tersebut.

Seperti dilansir afp, Senin (9/6), kelompok-kelompok HAM mengatakan, pemerintah Suriah menahan puluhan ribu tahanan di penjara-penjara di mana penyiksaan dan pelanggaran lainnya dilakukan secara sistematis. Sejak pecah pemberontakan anti-Bashar Maret 2011, rezim telah mencap semua pembangkang sebagai "teroris", memenjarakan ribuan secara sewenang-wenang, menurut organisasi hak asasi manusia.

Rezim sebelumnya mengeluarkan amnesti pada tanggal 31 Mei dan 21 Juni 2011. Dua amnesti lainnya diumumkan pada 15 Januari dan 16 April 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement