Selasa 21 Oct 2014 10:50 WIB

Menyamar Sebagai Pejuang Kurdi, ISIS Masuk Qara Tappa

Rep: c64/ Red: Taufik Rachman
Pasukan Irak melawan gerakan ISIS
Foto: VOA
Pasukan Irak melawan gerakan ISIS

REPUBLIKA.CO.ID,BAGHDAD -- Militan kelompok radikal ISIS berhasil memasuki salah satu kota Irak, Qara Tappa, kemarin (20/10), dengan menyamar sebagai pejuang Kurdi Peshmerga, seperti yang dilansir Reuters.

"Para teroris menggunakan seragam Peshmerha dan strategi ini membantu mereka menyusup ke wilayah kami dekat Qara Tappa," ujar seorang perwira Peshmerha dalam anonimitas.

Ia menambahkan, para militan ISIS itu menyita dua desa Kurdi setelah mengejutkan para pejuang Kurdi sebelum meluncurkan serangan terhadap Qara Tappa, yang lokasinya berada di sekitar 120 km (75 mil) utara Baghdad. Serangan ini merupakan upaya memperluas wilayah melawan pasukan Kurdi di wilayah yang disengketakan itu.

Dikabarkan, kemudian bala bantuan datang dari kota yang dikendalikan oleh Kurdi Khanaqin. Dimana mereka membatu untuk mengusir militan ISIS dan  mencegah kota Qara Tappa jatuh ke tangan ISIS.

Qara Tappa merupakan wilayah campuran Sunni Arab, Kurdi dan Turkmen yang berada di bawah kontrol Kurdi Irak, ketika Kurdi Irak mengambil keuntungan dari jatuhnya banyak wilayah Sunni Irak utara oleh militan ISIS, Juni lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement