Ahad 01 Mar 2015 18:08 WIB

Presiden Israel Netanyahu Bersikukuh Pidato di Kongres AS

Rep: C02/ Red: Ilham
PM Israel, Benyamin Netanyahu
Foto: AP
PM Israel, Benyamin Netanyahu

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Meski dikecam banyak pihak, Presden Israel, Benyamin Netanyahu tetap berangkat ke Washington untuk berpidato di Kongres Amerika Serikat hari ini , Ahad (1/3).  Netanyahu mengatakan, akan menyampaikan pidato kontroversialnya yang meminta perhatian Amerika Serikat untuk keamanan Israel.

“Saya akan lakukan apapun untuk melindungi Israel,” ujar Benjamin Netanyahu kepada media saat menaiki pesawat menujuk Wasington, Ahad (2/3)

Rencananya, Netanyahu akan membahas perjanjian potensial antara Iran dan enam negara dunia lainnya termasuk Amerika.  Ia khawarti Teheran akan mendapatkan senjata nuklir setelah disetujui enam negara lainnya.  

Pidato presiden Israel yang direncanakan pada hari Selasa (3/3) telah memicu keributan. Netanyahu marah-marah di gedung putih setelah partai Demokrat menerima undangan dari partai Republik yang tidak berkonsultasi dengan pemerintah sebelumnya.

Hingga kini, Netanyahu telah menghadapi gelombang kritik dari Israel. Sebab, perhelatan itu dilakukan saat musim perpolitikan Israel. Netanyahu akan terus berusaha terpilih kembali pada akhir bulan ini sebagai presiden Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement