Sabtu 14 Mar 2015 15:41 WIB

Kuba dan AS Buka Kembali Jalur Penerbangan Langsung

Rep: C07/ Red: Ani Nursalikah
Pesawat terbang
Pesawat terbang

REPUBLIKA.CO.ID, NEW ORLEANS -- Setelah sepakat menyambung kembali hubungan diplomatik yang putus lebih dari 50 tahun lalu, Amerika Serikat dan Kuba membuka jalur penerbangan langsung dari New Orleans ke Kuba pada Sabtu (14/3).

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan pemerintah Kuba, penerbangan perdana dari New Orleans itu diikuti oleh 80 kelompok bisnis dan tokoh masyarakat. Dibukanya jalur penerbangan tersebut, setelah AS dan Kuba sepakat menormalkan hubungan diplomatiknya untuk pertamakali Desember lalu.

Menurut New Orleans Biz Journal, mereka yang melakukan penerbangan ke  Kuba akan berpartisipasi dalam "Kuba Hoy" atau "Kuba Hari Ini", sebuah konferensi yang akan diselengarakan oleh Masyarakat Internasional Kuba yang berbasis di New Orleans dan The Threshold pada 14-21 Maret.

Agenda dan topik dalam acara tersebut berupa seminar investasi asing, pengembangan energi dan pelestarian tempat dan benda bersejarah yang diisi oleh pemerintah AS dan ahli dari Kuba.

"Membangun kembali hubungan historis yang kuat antara Lousiana dan Kuba bisa memberikan dampak ekonomi yang besar pada Lousiana, khususnya New Orleans," ujar Presiden Threshold, Joe Doss kepada Times Picayune pada Januari.

Menurutnya, dibukanya jalur penerbangan ini dapat membantu Lousiana dalam proses hubungan diplomatik yang saling menguntungkan kedua negara.

Bloomberg News, Jumat (13/3), melaporkan pelayanan tur travel Kuba juga akan mulai menawarkan penerbangan langsung setiap pekan menggunakan sistem  pesan langsung dari New York ke Kuba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement