Jumat 20 Mar 2015 11:02 WIB

Belasan Orang Tua Panjat Tembok Sekolah Demi Beri Contekan

Rep: c15/ Red: Esthi Maharani
Aksi mencontek massal terjadi dalam ujian nasional (ilustrasi)
Foto: pdk.or.id
Aksi mencontek massal terjadi dalam ujian nasional (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BAHIR -- Belasan orang tua di India timur rela menerjang bahaya dengan memanjat tembok sekolah anaknya. Mereka rela bertingkah layaknya spidermen dan menaiki tembok sekolah hanya untuk memberikan contekan ke anaknya.

Seperti dilansir dari Washington Post, puluhan orang tua tersebut memanjat tembok dan mencoba bertahan di tembok tersebut dengan berpegangan pada tralis jendela.

Budaya mencontek di India merupakan kegiatan yang sangat diharamkan, namun sayangnya banyak murid yang masih berusaha untuk mencontek ketika ujian tiba. Hal ini didukung oleh para orang tuanya yang juga berusaha memberikan contekan.

Siswa pada kelas 10 dan 12 terbiasa harus melewati ujian yang sulit. Ujian tersebut diakui oleh para orang tua murid ini merupakan ujian yang menentukan apakah sang anak bisa melanjutkan dijenjang berikutnya atai tidak.

Kepala Pemerintahan Bidang Pendidikan, P.K. Sahi menuturkan budaya mencontek di India memang sangat memprihatinkan. Pemerintah pun sudah berusaha untuk membuat peraturan bahkan sanksi tegas bagi siswa yang tertangkap sedang mencontek.

"Kami sudah upayakan segala cara, tapi bagaimana hal tersebut bisa terealisasi jika orang tua yang mestinya berperan sebagai pendidik di rumah malah turut serta memberikan contekan," ujar Sahi, Jumat (20/3).

Pakar pendidikan di India pun mengatakan budaya mencontek di India disebabkan banyaknya tekanan dari pihak sekolah untuk para siswa. Sayangnya tekanan dari sekolah tak diimbangi dengan cara guru untuk memaksimalkan potensi siswanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement