Sabtu 23 May 2015 04:45 WIB
Biksu pembantai muslim

Biksu Ashin Wirathu, Dalang Pengusiran Etnis Muslim Rohingya

Rep: C20/ Red: Erik Purnama Putra
Biksu Ashin Wirathu.
Foto:

Pada 2012, ketika pertumpahan darah antara etnis Rohingya dan Buddhis terjadi di Provinsi Rakhine, Ashin semakin dikenal dengan pidato penuh amarahnya. Ceramah dia selalu dimulai dengan kalimat yang berbunyi, "Apa pun yang kamu lakukan, lakukanlah sebagai seorang nasionalis". Saat ditanya, apakah dia adalah 'Bin Laden Burma', pria itu tidak menampiknya.

Ashin menyebarkan ajaran kebencian dalam setiap ceramahnya. Dia selalu menyasar pada komunitas Muslim dan seringkali memojokkan Rohingya. Pria inilah yang memimpin demonstrasi yang mendesak orang-orang Rohingya direlokasi ke negara ketiga. Ashin juga diketahui telah mengambinghitamkan kaum Muslim atas bentrokan yang terjadi di Myanmar.

Pada tahun 2007 di Myanmar para bisku buddha memimpin perlawanan terhadap kekuasaan mliter di Myanmar. Pesan Ashin saat itu tidak mendapat dukungan banyak orang. Namun, banyak biksu di Myanmar yang memilih bungkam menghadapi Ashin dan sebagian lainnya, takut diserang kelompok Ashin. Ashin juga diketahui memimpin lebih dari 2.500 biksu di biara Mandalay.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement