Selasa 26 May 2015 06:06 WIB

Biksu Ashin Wirathu: Banyak Muslim Hancurkan Negara Kami

Biksu Ashin Wirathu.
Foto:

Upaya Ashin memerangi etnis Rohingya tidak hanya sampai di situ. Dia merupakan ujung tombak dalam diskriminasi agama di Myanmar, yang mendorong sekitar 1 juta etnis minoritas Muslim tersebut semakin dalam tekanan.

Kelompok hak asasi manusia internasional mengatakan, Ashin dan gerakan radikal yang dipimpinnya, 969, sukses memicu kerusuhan sektarian yang menewaskan puluhan orang sejak 2012. Sekitar 100 ribu orang Rohingya telah dipaksa menghuni kamp yang kondisinya memprihatinkan dengan kekurangan gizi di negara bagian barat Rakhine. Keadaan semakin memburuk setelah bantuan dari luar berhenti karena pemerintah mengusir kelompok bantuan asing pada tahun 2014.

Wirathu memainkan peran sentral dengan pidato kebenciannya dan Islamofobia yang diciptakan, mengingat bahwa Rohingya dikelilingi oleh komunitas bermusuhan yang dapat melecut menjadi kekerasan dengan sangat cepat," kata Direktur Inisiatif Kejahatan Internasional Negara di Queen Mary University, London yang juga penulis laporan tentang Myanmar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement