Sabtu 06 Jun 2015 09:47 WIB

Kemenlu Tingkatkan Hubungan Diplomatik dengan Nikaragua

Salah satu sudut kota di Nikaragua.
Foto: globtroter
Salah satu sudut kota di Nikaragua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Amerika dan Eropa (Amerop), Dubes Dian Triansyah Djani memimpin delegasi RI ke Nikaragua melakukan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) RI - Nikaragua, 3-4 Juni 2015.

Pertemuan tersebut yang pertama kali sejak pembukaan hubungan diplomatik 1988.

"Ini kunjungan pertama kalinya pejabat tinggi RI ke Nikaragua sejak pembukaan hubungan diplomatik tahun 1988. Sebelumnya, Menlu Nikaragua Samuel Santos Lopez berkunjung ke Indonesia 17-18 Juni 2013 dan menandatangani sejumlah kesepakatan serta mengunjungi sejumlah kementerian," kata Dian di Managua, dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (5/6).

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Amerop beserta seluruh delegasi mengenakan pakaian batik sebagai bagian dari diplomasi budaya untuk lebih memperkenalkan industri batik nusantara kepada pemerintah Nikaragua.

Delegasi RI ditemui oleh Wamenlu Nikaragua, Valdrack Jaentschke beserta jajaran Kemlu sebagai tuan rumah. Kedua delegasi membahas isu politik, ekonomi, perdagangan, investasi, sosial-budaya, pariwisata serta olahraga, kata Dian.

FKB kali ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan sejak ditandatanganinya nota kesepahaman mengenai mekanisme bilateral pada tahun 2013.

"Pelaksanaan FKB ini merupakan bukti konkrit pemerintah RI untuk membuka peluang di pasar non-tradisional di Amerika Tengah," kata Dian.

Total perdagangan Indonesia dengan Nikaragua pada 2014 tercatat mencapai 13,8 juta dolar AS dengan komoditas ekspor utama Nikaragua ke RI adalah peralatan elektronik, tembakau, mesin dan tekstil.

Nikaragua memiliki potensi kerja sama di bidang kelapa sawit dan pengolahan daging sapi.

Delegasi juga melakukan blusukan ke pasar tradisional Massaya dan tempat penyembelihan sapi San Martin. Sebagai catatan, Nikaragua merupakan eksportir daging sapi terbaik di Amerika Tengah. Nikaragua berpotensi besar memasok pasar tradisional Indonesia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement