Kamis 18 Jun 2015 18:36 WIB

Serang Konferensi Politik, Ekstremis Berhadapan dengan Pasukan Somalia

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham
Anggota pemberontak Somalia, Al-Shabab, melakukan patroli. (ilustrasi)
Foto: AP
Anggota pemberontak Somalia, Al-Shabab, melakukan patroli. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MOGADISHU -- Pasukan keamanan Somalia berhasil menggagalkan aksi kelompok ekstrimis Al-Shabaab ketika menyerang konferensi politik di Mogadishu, Rabu (17/6). Militan mencoba memasuki tempat konferensi dengan mobil, namun berhasil dicegah pasukan Somalia.

Polisi mengatakan, penyerang yang terdiri dari tiga pria bersenjata dan pengemudi mobil tewas. Mobil yang membawa mereka juga berisi bahan peledak.

Mobil tersebut mencoba menerobos gerbang gedung pertemuan. Pasukan tentara Somalia dan Ethiopia yang merupakan bagian dari AMISOM mencegat dan menembaki mereka.

Mobil tersebut meledak tepat di luar gerbang. Namun, juru bicara operasi militer Al-Shabaab, Sheikh Abdiasis Abu Musab mengatakan, pasukannya berhasil masuk dan bertarung di dalam gedung.

Polisi menyangkalnya. "Bom mobil berisi tiga pria bersenjata berusaha masuk gedung pertemuan, namun AMISOM berhasil membunuh mereka," kata Mayor Nur Ahmed.

Menurutnya, AMISOM menjaga ketat keamanan gedung konferensi di kota Adado tersebut. Konferensi ini dihadiri oleh pejabat, politisi, dan anggota parlemen untuk membahas pemerintahan wilayah pusat baru.

AMISOM dan militer Somalia telah meluncurkan serangan melawan militan sejak tahun lalu. Mereka berhasil mendesak mundur Al-Shabaab dari kota-kota penting.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement