Senin 20 Jul 2015 13:47 WIB

5 Isu yang Perlu Diketahui Mengenai Papua Barat

Mahasiswa meminta kemerdekaan Papua Barat dalam sebuah unjukrasa di Jawa Timur di tahun 2013.
Foto: Ada harapan baru bahwa Presiden Joko Widodo menjalankan kebijakan berbeda mengenai Papua Barat dibandingkan pendahulunya.
Ada harapan baru bahwa Presiden Joko Widodo menjalankan kebijakan berbeda mengenai Papua Barat dibandingkan pendahulunya.

REPUBLIKA.CO.ID, Daerah bekas jajahan Belanda, yang sebelumnya disebut sebagai Irian Jaya, sebenarnya bersiap untuk memerdekakan diri sebelum Indonesia menyebut bagian ini sebagai wilayahnya di tahun 1962.

Papua Barat secara resmi dinyatakan sebagai wilayah Indonesia setelah adanya Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) di tahun 1969 - sebuah referendum yang diawasi pelaksanaannya oleh PBB.

Ketika itu, sekitar 1.026 warga Papua dipilih sebagai perwakilan untuk menentukan apakah wilayah itu akan tetap bersama Republik Indonesia.

 

Setelah itu, di kawasan tersebut terjadi bentrokan senjata dan tindak kekerasan antara aparat keamanan Indonesia dengan pendukung pro-kemerdekaan.

Papua Barat adalah salah satu propinsi termiskin di Indonesia meskipun memiliki kekayaan mineral salah satu terbesar di dunia. Menurut Australian Institute of Internatonal Affairs, tingkat kemiskinan di Papua Barat tiga kali lebih tinggi dari angka rerata di Indonesia.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-07-20/5-isu-yang-perlu-diketahui-mengenai-papua-barat/1471074
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement