Selasa 21 Jul 2015 16:19 WIB

Inilah Fakta Seputar Hiu Putih yang tak Banyak Diketahui

Hiu putih raksasa di perairan Australia
Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND -- Apa saja yang sudah diketahui mengenai ikan hiu putih ini?

4. Mereka menyerang dari bawah

 

Serangan "Polaris" adalah nama yang diberikan untuk teknik menyerang yang digunakan hiu putih. (Foto: Ryan Pierse, Getty Images)

Hiu putih adalah predator penyergap dan menggunakan teknik yang disebut serangan 'Polaris', yang melibatkan kelihaian dan kekuatan.

Mereka mondar-mandir di bawah permukaan laut, mencari mangsa di atas. Menggunakan ekornya yang sangat kuat untuk memacu kecepatan, hiu putih akan menyasar dan menggigit mangsanya sambil membanting mereka dan keluar dari laut.

Kehilangan banyak darah dari gigitan itu berarti luka awalnya seringkali fatal, itu memungkinkan hiu untuk membatasi risiko cedera mata dari pertarungan yang berkepanjangan.

5. Gigi hiu putih tak bisa diganti

Hiu putih memiliki 70-80 gigi fungsional dalam satu waktu. (Foto: Will Beckett, Flickr)

Mereka menghasilkan ribuan gigi selama masa hidup mereka, tetapi pada satu waktu hiu putih hanya memiliki sekitar 70-80 gigi fungsional. Sebagian besar berada di satu baris, dengan beberapa lipat di tengah-tengah rahang bawah.

Gigi tersebut tergantikan ketika hilang, tapi mereka tak tumbuh di tempat yang sama. Dibutuhkan beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk mengganti gigi dewasa dengan satu gigi masih berkembang dalam rahang.

Gigi rusak adalah berita buruk bagi predator.

6. Hidung hiu putih mendeteksi medan elektrik

Hiu putih memasuki medan magnet Bumi. (Foto: Elias Levy, Flickr)

Hiu putih tak hanya mengandalkan penglihatan mereka untuk melacak mangsa. Seperti halnya semua hiu, mereka memiliki pori-pori reseptor khusus di bawah hidung mereka (disebut 'ampullae of lorenzini') yang mendeteksi medan listrik sangat kecil, yang melingkupi semua makhluk hidup.

Sistem sensorik tambahan ini tak hanya membuat mereka mampu mengikuti mangsa dalam gelap dan dengan kecepatan tinggi. Sistem ini juga sangat peka, sehinggan banyak hiu dan pari menggunakannya untuk navigasi selama migrasi besar, dengan memasuki medan magnet Bumi.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-07-21/inilah-fakta-seputar-hiu-putih-yang-tak-banyak-diketahui/1472184
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement