Selasa 21 Jul 2015 16:19 WIB

Inilah Fakta Seputar Hiu Putih yang tak Banyak Diketahui

Hiu putih raksasa di perairan Australia
Foto: Hiu putih memiliki 70-80 gigi fungsional dalam satu waktu.
Hiu putih memiliki 70-80 gigi fungsional dalam satu waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND -- Hiu putih terdaftar sebagai spesies yang dilindungi berdasarkan Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Flora dan Fauna Liar yang Langka (CITES).Bukti menunjukkan bahwa jumlah mereka telah menurun sebagai akibat dari aktivitas manusia, termasuk memancing dan penurunan habitat.

Apa saja yang sudah diketahui mengenai ikan hiu putih ini?

1. Mereka tak selalu berukuran 'besar'

Film 'Jaws' membuat nama 'great white' menjadi populer. (Foto: Elias Levy, Flickr)

Sebelum pertengahan tahun 1970-an, predator yang luar biasa ini hanya dikenal sebagai hiu putih atau 'pemburu putih' di Australia. Nama 'Great White' atau yang bermakna ' hiu putih besar' dipopulerkan secara global oleh film Jaws, pada tahun 1975. Dan itu bertahan hingga saat ini.

Setelah jutaan tahun proses evolusi, mereka akhrinya mendapatkan gelar itu!

2. Hiu putih adalah rajanya ketahanan tubuh

Hiu ini dapat menempuh jarak yang luar biasa - lebih dari 3000 kilometer dalam satu bulan. Mereka bisa berenang dari Tasmania ke Selandia Baru dalam tiga minggu!

Dengan kecepatan 3-4 kilometer/jam, daya jelajah hiu putih sedikit lebih lambat dari perenang Olimpiade, tetapi mereka bisa mempertahankannya selama lebih dari 100 kilometer sepanjang hari, setiap hari. Dan ketika mereka sedang berburu, mereka bisa mencapai 55 kilometer/ jam untuk perjalanan yang singkat.

Hiu putih bisa menyelam hingga kedalaman 1,2 kilometer, di mana tekanan airnya 120 kali lebih tinggi daripada di permukaan laut. Dan mereka akan berenang di suhu air yang berkisar antara suhu dingin kulkas Anda (3 derajat Celsius) hingga suhu hangat 27 derajat.

3. Ada alasannya mengapa hiu putih terlihat menakutkan saat menggigit mangsa

 

Hiu putih menunjukkan gigi mereka dan memutar mata mereka ke arah kepala, ketika mereka menyerang mangsa. Kedua gerakan ini menempatkan rahang dan gigi hiu ke posisi menyerang yang terbaik, tetapi pada saat yang bersamaan juga melindungi mata mereka - hal yang berguna ketika mangsanya, biasanya anjing laut atau ikan pari, memiliki cakar atau duri dan rentan melawan balik.

Bagi hiu putih, rotasi mata lebih dari putaran mata sederhana. Dengan mata mereka yang benar-benar terputar, sebuah benjolan tulang rawan putih terlihat untuk melindungi organ visual mereka.

Gerakan pamer gigi tiu disebut 'palatoquadrate protrusion', dan itu adalah hasil dari otot-otot menonjol yang membuat rahang hiu maju sementara kulit di sekitar mulut tertahan. Menjadi ikan bertulang rawan - maksudnya tak memiliki tulang - rahang hiu sebenarnya cukup fleksibel, dan otot-otot yang mengontrol itu sangatlah kuat.

Dalam posisi rahang normal, gigi hiu putih lebih tersembunyi, sehingga mereka tidak menciptakan hambatan saat berenang.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-07-21/inilah-fakta-seputar-hiu-putih-yang-tak-banyak-diketahui/1472184
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement