Selasa 21 Jul 2015 16:19 WIB

Inilah Fakta Seputar Hiu Putih yang tak Banyak Diketahui

Hiu putih raksasa di perairan Australia
Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND -- Sangat sedikit yang diketahui tentang reproduksi hiu putih. Mereka hidup selama sekitar 70 tahun, dan hiu betina mencapai kematangan seksual beberapa tahun setelah hiu jantan, sekitar usia 15 tahun - hingga paling lambat 30 tahun.

Setelah kawin, hiu putih betina bertelur di dalam tubuhnya dan telur-telur itu berkembang dan menetas dalam rahim. Bayi hiu pertama yang menetas dengan baik bisa lanjut untuk makan telur tak subur manapun, proses yang dikenal sebagai 'oophagy'.

Setelah sekitar satu tahun kehamilan, antara 2-10 bayi hiu yang telah sepenuhnya berkembang, lahir. Dan mereka memiliki panjang sekitar 1,2-1,5 meter!

8. Hanya sedikit yang baru diketahui mengenai hiu putih

Reproduksi bukanlah satu-satunya fitur hiu putih yang tak cukup kita ketahui - mereka sangat sulit untuk dipelajari, dan bukan hanya karena mereka karnivora laut yang besar.

Hiu putih berada di puncak rantai makanan laut sehingga mereka pasti akan langka, yang membuat proses menghitung jumlah mereka dan mendapatkan data yang berarti, sangatlah rumit.

Alat lacak satelit telah membuat para ilmuwan Australia menemukan perjalanan yang sangat mengesankan dari sekitar 50 hiu putih.

Hiu dewasa dalam populasi ini berkeliaran di laut menggunakan koridor umum - seperti jalan raya hiu, berhenti di tempat favorit di sepanjang jalan. Penelitian genetik telah menunjukkan bahwa ada dua populasi hiu putih Australia yang berbeda - timur dan barat, kira-kira dipisahkan oleh Selat Bass.

Alat pelacakan juga telah menunjuk dua pembibitan di wilayah timur di mana hiu putih remaja sepanjang 2,6 meter berkumpul selama musim semi dan musim panas, satu di lepas pantai Pelabuhan Stephens, New South Wales, dan satu lagi di lepas pantai 'Wilsons Promontory', Victoria.

Penelitian seperti ini memberi kita gagasan yang lebih baik tentang populasi hiu yang ada, perilaku mereka, serta dampak yang ditimbulkan oleh kegiatan dan perubahan yang kita lakukan terhadap mereka.

Predator kelas atas yang tumbuh secara lambat dan bereproduksi dengan rendah, seperti hiu putih, akan selalu rentan dalam hal tingkat populasi.

Belajar lebih banyak tentang mereka tak hanya akan membantu kita membuat keputusan manajemen yang lebih tepat, tetapi juga akan memperjelas peran penting predator kelas atas ini dalam menjaga ekosistem laut.

Sumber: Andrew Fox dan Dr Rachel Robbins, dari Yayasan Penelitian Hiu 'Fox'.

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-07-21/inilah-fakta-seputar-hiu-putih-yang-tak-banyak-diketahui/1472184
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement